To Hike or NOT to Hike… That is The Question

yellenJudul di atas adalah plesetan dari karya sastra legendaris, Hamlet, karya William Shakespeare, yang sangat terkenal, “…. To be or Not to be, that is The Question.” Jaman saya kuliah dulu, teman-teman saya di Jurusan Teknik Arsitektur, ITS, Surabaya, sangat-sangat kreatif dalam membuat plesetan. Nah, kali ini plesetan saya ini tertuju pada Jannet Yelen, Chairman The Fed saat ini.

Kalau kita perhatikan, saat ini pegerakan pasar sangat kecil, seolah-olah semua sedang menanti-natikan sesuatu. Salah seorang member Adikamaks ada yang tanya, bagaimana kita bisa memprediksi Non Farm Payroll ?

Perlu saya ulas sedikit, apa yang mungkin ada dalam pikiran beliau sehingga tercetus pertanyaan di atas. Nanti malam, US Labour Department akan mengumumkan angka Non Farm Payroll, yakni penambahan tenaga kerja AS bulan Agustus 2016. Angka yang lebih kuat dari perkiraan, akan membuat USD langsung menguat signifikan, karena pelaku pasar akan merespon bahwa tidak ada alasan lagi buat Yellen untuk menundak keputusannya menaikkan suku bunga acuan The Fed. Kenaikkan suku bunga berarti penguatan mata uang AS terhadap mata uang dunia yang lain, dan ini juga berakibat pelemahan XAU (Gold).

Sudah hampir setahun Yellen dan The Fed bimbang, maksud hati ingin menaikkan suku bunga, namun penambahan tenaga kerja AS sangat tidak stabil. Sekedar catatan : Buat The Fed, keputusan menaikkan suku bunga (Rate Hike) selalu mengandung resiko berakibatnya pelemahan pertumbuhan ekonomi, yang jika tidak hati2 bisa membawa AS masuk fase resesi kembali. Keputusan ‘To Hike or NOT to Hike’ mengandung resiko yang sangat besar.

dollar-index

Charts di atas adalah Charts USD Index. Perhatikan Commercial Index (Warna Hijau) Bullish terhadap USD Index sejak awal tahun 2016, sementara Sentimen Pakar (Genesis Sentiment Index) Bearish. Berdasarkan riset Larry Williams dalam ‘Cracking The Money Code’ – Commercials adalah Smart Money sementara Analisa para Pakar lebih sering kelirunya ketimbang benarnya.

Pendapat Commercial Traders = Bullish adalah pake duit sementara Pendapat Pakar adalah cuman omong doing, kaga pake duit. Data Commercial Index dihasilkan dari COT = Commitment Of Traders report yang dilaporkan ke CFTC. Semua trader yang transaksinya di atas 100 lot regular per trade, WAJIB LAPOR posisi mereka ke CFTC dan digrafiskan dalam bentuk COT Index. Karena itu pendapat bullish-nya Commercial Traders itu pake duit, sementara analisa pakar di media (Genesis Sentiment Index) adalah modal omongan, kaga pake duit. Ketika Commercial bilang bullish artinya ‘their money is at stake’.  🙂

 



Tinggalkan Balasan