Analisa Indeks Dolar Adikamaks: Menunggu Laporan FOMC. Penguatan Dolar Terbatas di Level 101.80.

 

 

  • DXY kembali menguji resistance 101.80
  • EURUSD, USDCHF dan USDSEK membentuk pola yang bagus di H4
  • Minim data pekan ini, fokus tertuju ke FOMC
  • Ekspektasi deflasi 0.8% Eurozone

 

 

DXY terlihat mengikuti skenario pertama dari analisa indeks dolar Adikamaks sebelumnya pada tanggal 13 Februari dimana DXY bertahan di atas support 99.85 dan menguji key resistance di 101.63/80. Data ekonomi AS yang positif menjadi salah satu faktor yang mendukung penguatan dolar.

 

Analisa Indeks Dolar Adikamaks – 2017.02.22

Penjualan ritel bulan Januari tercatat bertumbuh 0.4% dibandingkan bulan sebelumnya, lebih tinggi dari ekspektasi pertumbuhan 0.1%. Inflasi juga tercatat di atas ekspektasi, dimana terjadi kenaikan harga pada bulan Januari sebesar 2.5% dibandingkan bulan yang sama di tahun 2016.

Pengumuman data ekonomi pekan ini cukup minim, sehingga focus para investor akan tertuju penuh ke laporan meeting FOMC yang akan dirilis pukul 2 dini hari nanti. Para pelaku pasar tentu akan mencari petunjuk mengenai rencana kenaikan suku bunga bulan Maret nanti.

Sedangkan dari zona Eropa, data CPI (consumer price index) akan dirilis sore ini pukul 17.00 WIB dimana pasar mengantisipasi terjadi deflasi sebesar 0.8% pada bulan Januari (month on month). Hingga saat ini, EURUSD telah melemah lebih dari 80 pips sejak pembukaan market hari Senin.

Trend Reversal di H4

Para pelaku pasar tampaknya sudah mempertimbangkan atau mengantisipasi pengumuman laporan FOMC pekan ini. Pasangan mata uang EURUSD, USDCHF dan USDSEK telah memberikan peluang entry yang bagus (posisi buy USD) mulai pekan lalu. Ketiga pair ini membentuk pola trend reversal di time frame 4 jam seperti pada screenshot chart ketiga pair tersebut. 

Namun, langkah profit taking ataupun menggeser stop loss ke level BEP mungkin perlu dilakukan karena masih terbatasnya potensi penguatan dolar AS selama DXY masih berada di bawah resistance 101.80. 

 

EURUSD H4 Chart

 

USDSEK H4 Chart

 

USDCHF H4 Chart


Tinggalkan Balasan