Analisa Indeks Dolar Adikamaks: Nasib Dolar di Tangan Trump

 

DXY Adikamaks Trump
DXY Daily Chart

 

  • Pidato Donald Trump hari Rabu, 09.00 WIB
  • Data lainnya: PCE Jan YoY, ISM Manufacturing PMI, Consumer Confidence, Q4 preliminary GDP
  • Speech member FOMC dan Yellen di hari Sabtu
  • DXY: NEUTRAL-BULLISH, masih di bawah resistance 101.63/80.
  • EURUSD: Key Support di 1.0515 – Fibo level 70.7 dari time frame monthly

 

Kalender Ekonomi AS

Indeks dolar AS pada pekan lalu bergerak serupa dengan pekan sebelumnya. Dalam 2 pekan terakhir, indeks dolar selalu menguat di hari Senin dan Selasa, kemudian berbalik melemah di hari Rabu dan Kamis, dan kembali menguat di hari Jumat.

Walaupun memiliki sentimen bullish, para pelaku pasar tampaknya tetap memilih untuk berhati-hati dimana dalam sepekan ke depan terdapat cukup banyak data ekonomi yang akan dirilis dan beberapa event seperti pidato para member FOMC dan Presiden Donald Trump.

Data durable goods order bulan Januari yang akan dirilis nanti malam pukul 20.30 WIB diprediksi tumbuh 1.9% dari bulan sebelumnya. Data PCE inti (personal consumption expenditures) yang menjadi indikator inflasi akan dirilis hari Rabu pukul 20.30 WIB. Dan terakhir data ISM manufacturing PMI bulan Februari di hari Jumat dan diprediksi berada di level 56.2.

 

Trumponomics – Tax Reform

Walaupun dipadati data ekonomi, pidato Presiden Donald Trump kepada kongres besok pagi bisa jadi tetap menjadi hal yang paling diantisipasi para pelaku pasar. Penjelasan dari rencana kebijakan reformasi pajak yang menjadi ujung tombak saat kampanye akan menjadi fokus utama para pelaku bisnis dan investor. Beberapa hal yang sudah pernah disampaikan sebelumnya adalah penurunan pajak untuk korporasi sebesar 15% dari 35% dan program tax holiday sebesar 8.75% untuk dana yang direpatriasi.

 

EURUSD dan EURJPY

Pasangan mata uang EURUSD menguji key support di 1.05156 seiring indeks dolar menguji resistance 101.63/80 pada 2 pekan terakhir. Dengan pola higher high – higher low pada time frame daily, strategi sell on strength lebih disarankan. Resistance pertama berada di level 1.0641 dan berikutnya di 1.0819/28 yang berada di dekat EMA 200 hari.

 

EURUSD Daily Chart

Sementara itu pola ABCD pada pasangan mata uang EURJPY ter-extend hingga mencapai level fibo 50% dari wave O-A di 118.346 yang juga level terendah sejak Desember 2016. Kemungkinan rebound dari level fibo tersebut cukup masuk akal dengan target pertama di kisaran 121.00 jika mengacu ke range wave B-C. Sedangkan di bawah level 50%, support berikutnya berada di kisaran 117.00.

Adikamaks EURJPY Trump
EURJPY Daily Chart


Tinggalkan Balasan