Rasa Nasionalisme Menguat, IHSG Kuat

Berita nasional minggu lalu banyak menyajikan perang urat syaraf antara Freeport dan Pemerintah. Optimisme pemerintah akan memenangi proses arbitrase membuat para investor yakin bahwa pemerintah yang sekarang berbeda dengan pendahulunya, yang bertekuk lutut tanpa perlawanan. Menteri Koordinator Bidang Maritim Luhut Panjaitan menyatakan PT. Freeport Indonesia tak bisa mengatur pemerintah dengan ancaman membawa masalahnya ke arbitrase internasional. Luhut mengatakan, Freeport seharusnya tunduk pada ketentuan perundang-undangan di Indonesia.

Pada minggu ini, ekonomi Indonesia kembali digairahkan oleh kedatangan Raja Salman yang mana mempunyai agenda untuk berinvestasi di kilang minyak Cilacap dan menjalin kerjasama-kerjasama yang lain. Selain itu kedatangan Raja Salman yang membawa 1500 staff, 25 pangeran serta 10 menteri berniat liburan ke Bali dengan total anggaran mencapai 150 milyar, hal ini akan membuat gairah industri pariwisata meningkat.

Melihat potensi yang menarik dari fundamental ekonomi dalam negeri akan membuat IHSG mempunyai prospek yang semakin baik untuk kembali menguat. Secara teknikal IHSG saat ulasan ini dibuat sedang diperdagangkan pada harga 5,383 dan berjarak 0.7% dari level resistance 1. Potensi penguatan masih menuju kisaran level resistance 2. Level entry yang terbaik berada pada area harga 5,345.

IHSG Daily Chart


Tinggalkan Balasan