Analisa Indeks Dolar Adikamaks: Saatnya Menaikan Suku Bunga

Adikamaks_DXY Daily Chart
DXY Daily Chart
  • NFP di atas ekspektasi
  • Penjualan ritel AS diprediksi tumbuh 0.1% pada bulan Februari
  • Inflasi AS diperkirakan di level 2.7%, Suku bunga diprediksi naik 0.25% menjadi 1%
  • DXY berkonsolidasi di level kunci 101.63/80
Kalender Ekonomi Adikamaks
Kalender Ekonomi

Setelah data NFP bulan Februari yang tercatat di atas ekspektasi, pasar memprediksi bahwa suku bunga AS akan dinaikan sebesar 25 bps menjadi 1.00%. Jumlah tenaga kerja pada bulan Februari bertambah sebanyak 235,000 dan tingkat pengangguran kembali turun ke level 4.7%. Sementara itu, rata-rata hourly earnings yang menjadi indikator inflasi tercatat tumbuh 2.8%.

Data penjualan ritel dan CPI AS yang akan dirilis besok terlihat sejalan dengan ekspektasi kenaikan suku bunga. Penjualan ritel dipredikisi tumbuh 0.1% pada bulan Februari dari bulan sebelumnya, sedangkan inflasi diperkirakan naik ke level 2.7% dari sebelumnya 2.5%. Dengan outlook seperti ini, apakah dolar AS juga akan ikut menguat?

Dari sisi teknikal, indeks dolar AS terlihat bergerak sideways di kisaran level kunci 101.63/80. Penguatan indeks dolar tertahan akibat penguatan EURUSD setelah data ekonomi yang membaik dan adanya isu tapering dari ECB (EURUSD memiliki bobot 57.6% dalam perhitungan DXY). Walaupun demikian, kami tetap optimis mengenai penguatan dolar AS terhadap mata uang lainnya seperti yen, poundsterling dan aussie.

 

USDJPY dan EURJPY

Pasangan mata uang USDJPY pada pekan lalu menguat sesuai prediksi. Dalam Analisa sebelumnya, kita telah berhasil memanfaatkan sinyal bullish hidden divergence yang terbentuk pada time frame H1. USDJPY bahkan berhasil menembus resistance di kisaran 114.50 yang sekarang menjadi level support. Target berikutnya berada di level 116.50.

Pasangan mata uang EURJPY juga menguat sesuai prediksi, didukung penguatan dari EURUSD & USDJPY. Saat ini EURJPY masih berada di bawah resistance 122.44. Di atas resistance tersebut, EURJPY berpeluang mencapai level 125.14.

 

Adikamaks_USDJPY H1 Chart
USDJPY H1 Chart

 

Adikamaks_EURJPY Daily Chart
EURJPY Daily Chart

 

XAUUSD dan AUDUSD

Pasangan XAUUSD (Gold) juga melemah sesuai prediksi. XAUUSD bahkan berhasil menembus support 1,209.84, dan selama berada di bawah level tersebut, XAUUSD berpeluang mencapai support berikutnya di 1,193.17 dan berikutnya di 1,176.51. Pasangan mata uang AUDUSD juga membentuk pola yang serupa dengan XAUUSD dimana keduanya terpengaruh laporan ekonomi China yang tidak sesuai ekspektasi. Dari sisi teknikal, pola bearish hidden divergence terbentuk di XAUUSD dan AUDUSD yang memberi indikasi kelanjutan trend turun. Untuk AUDUSD, support pertama berada di level 0.7518 dan berikutnya diprediksi di level 0.7449.

 

Adikamaks_XAUUSD Daily Chart
XAUUSD Daily Chart

 

Adikamaks_AUDUSD H4 Chart
AUDUSD H4 Chart


Tinggalkan Balasan