Analisa Indeks Dolar Adikamaks: Saatnya Panik Atau Saatnya Beli?

 

Setelah pengumuman FOMC pekan lalu dimana the Fed menaikan suku bunga menjadi 1%, indeks dolar langsung berbalik melemah. Pertanyaan dan kebingungan pun melanda para trader yang mengharapkan untung besar dari pengumuman tersebut. Lalu, apa yang menyebabkan dolar justru melemah dan membuat panik para buyer?

Adikamaks_DXY Daily Chart
DXY Daily Chart

Perlu diingat bahwa harga bukan terbentuk atas harga wajar, melainkan atas ekspektasi para pelaku pasar mengenai kondisi di masa yang akan datang. Artinya, level harga yang terbentuk sudah menunjukan harga wajar apabila suku bunga dinaikan.

Ternyata, para pelaku pasar mengharapkan komentar yang lebih bullish lagi dari the Fed sebagai alasan untuk terus membeli dolar. Namun, belum ada tanda-tanda pengambilan kebijakan yang lebih agresif dari pidato Yellen Jumat lalu. The Fed masih mempertahankan outlook dua ka kenaikan suku bunga lagi tahun ini.

Saatnya Panik?

Melemahnya indeks dolar sejauh ini masih terbilang wajar dan merupakan koreksi dari uptrend jangka panjang. Oleh karena itu, kami tetap mempertahankan strategi BUY ON WEAKNESS sambil melihat perkembangan yang terjadi.

Dari sisi teknikal, DXY memang belum berhasil menembus key resistance 101.63/80 dan saat ini sedang menuju support pertama di level 99.85. Di bawah level tersebut masih ada beberapa level support seperti EMA 200 hari dan level 98.86 yang merupakan resistance kuat pada saat pemilu AS tahun lalu. Selain itu, dari studi pola harmonic, DXY juga berpeluang untuk mencapai kisaran level 97.50 untuk menyelesaikan pola gartley.

Saatnya Open Position?

Dengan koreksi yang terjadi, beberapa pasangan mata uang sedang mendekati level entry yang lebih ideal. EURUSD dan USDJPY pada time frame daily sedang menuju EMA 200 hari yang berdekatan dengan area support/resistance masing-masing pair. Sementara itu pasangan mata uang AUDUSD saat ini sedang menguji resistance di kisaran 0.7740 dimana level entry ini memberikan rasio risk/reward yang sangat bagus apabila scenario bullish dolar terealisasi dalam 1 bulan ke depan.

Adikamaks_USDJPY Daily Chart
USDJPY Daily Chart

 

Adikamaks_EURUSD Daily Chart
EURUSD Daily Chart

 

Adikamaks_AUDUSD Daily Chart
AUDUSD Daily Chart


3 Komentar

Tinggalkan Balasan