Awal Pekan, IHSG Dibuka Menguat

Pada pembukaan pukul 09.00 WIB hari ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat 16,5 poin atau 0,27 persen ke level 5.739,78. Sedangkan Indeks saham LQ45 melemah 0,35 persen ke level 963,88. Sebagian besar indeks saham acuan memang menguat. Tercatat 117 saham bergerak naik , 64 saham bergerak turun dan 97 saham bergerak stagnan. Terlihat pula investor asing juga mengambil posisi beli sekitar Rp. 65 Milyar hari ini. Semua itu mendukung IHSG untuk mengalami penguatan di awal pekan ini.

Menjelang hari raya Idul Fitri, diperkirakan investor jangka pendek akan lebih santai dalam trading. Hal ini terjadi karena banyak investor cenderung fokus berbelanja atau bersilaturahmi bersama keluarga. Hal ini berbeda dengan masa biasa, ketika investor jangka pendek cenderung trading lebih agresif. Kondisi ini tentu akan sangat berpengaruh terhadap pola pergerakan IHSG. Namun jika terjadi koreksi harga, hal itu justru merupakan momentum bagi kita untuk melakukan akumulasi pembelian saham. Mengapa? Karena dalam jangka menengah dan jangka panjang, IHSG masih berada pada pola uptrend yang meyakinkan.

Di sisi lain, adanya rilis data perekonomian penjualan mobil juga mendorong  kenaikan harga saham di beberapa emitmen otomotif. Diperkirakan akan terjadi peningkatan penjualan mobil sebagai dampak semakin dekatnya Hari Raya Idul Fitri. Hal ini merupakan sesuatu yang lumrah terjadi di setiap Liburan Lebaran dan Hari Raya Idul Fitri.



Tinggalkan Balasan