IHSG Diprediksi Masih Akan Menguat Pasca Libur Panjang

 

Setelah libur panjang lebih dari satu minggu, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) saat ini sedang mencoba rekor baru. Hari ini IHSG sempat menyentuh level 5.856. Ada potensi IHSG akan menguat pasca libur Lebaran ini.

Delapan dari sepuluh sektor menopang penguatan Indeks dimana sektor Infrastruktur menguat 1.13%, diikuti sektor pertambangan naik 1.05%. Di sisi lain, ada dua sektor yang tertekan, yakni sektor aneka industri 1% dan sektor finansial yang cenderung bergerak flat. Diperkirakan IHSG menguat hari ini, faktor penyebabnya adalah data inflasi yang masih terkendali. Dimana Badan Pusat Statistik (BPS) akan mengumumkan data inflasi bulan Juni yang diperkirakan pasar masih lebih rendah ketimbang perkiraan.

Saat ini koreksi IHSG masih tergolong wajar karena banyaknya sentimen global. Selain itu adanya waktu yang diperlukan pasar untuk mengevaluasi semua sentimen sepanjang liburan membuat perdagangan berpotensi melambat, disertai pelemahan yang wajar. Diharapkan rilis data Makro ekonomi dalam negeri dapat membantu menahan pelemahan IHSG.



Tinggalkan Balasan