Ada Tanda Pembalikan Arah Indeks S&P 500

Sudah lama aksi beli mendominasi gerakan saham-saham di pasar Amerika Serikat. Indeks S&P 500 yang mewakili saham-saham pilihan terbaik di Amerika menunjukan trend bullish sejak November 2016 . Di sisi teknikal, grafik mingguan dari Indeks S&P 500 sudah menunjukan tanda pembalikan arah. Pelaku pasar masih tampak mengalami kebingungan selama 3 minggu terakhir. Namun akhirnya muncul tekanan jual yang kuat pada minggu kedua bulan Agustus ini.

Potensi terjadinya pembalikan arah sebenarnya sudah muncul di akhir bulan Juli. Grafik mingguan telah membentuk doji pada minggu keempat Juli dan minggu pertama Agustus. Keraguan itu dikonfirmasi juga oleh munculnya candle bearish besar pada 7 Agustus. Hal itu menjadi sinyal positif bahwa kemungkinan besar pasar mengalami pembalikan arah dari bullish menjadi bearish.

trading, trader, technical analysis, fundamental analysis, analisa finansial, financial analysis, analisa teknikal, analisa fundamental, IHSG, JKSE, Indonesia, analisa pasar, analisa keuangan, ekonomi, makoekonomi, pasar saham, pasar modal, bursa efek, uptrend, downtrend, trend, candlestick, break out, gap up, support, resistance, sideways, konsolidasi, range, ranging market, reversal, amerika serikat, S&P, SPX, indeks, index, weekly, monthly, daily, uptrend, bullish, rally, indeks dolar, index dollar, USD, DXY, JKSE, reversal, doji, spinning top, gap up, gap down, rising window, falling windowGrafik Mingguan Indeks S&P 500

Grafik harian Indeks S&P 500 juga memberikan sinyal yang sama. Pada timeframe harian, grafik membentuk membentuk support yang menunjukan trend bullish. Pada 5 Juni sampai 3 Juli, indeks mengalami pelambatan trend. Hal ini berarti munculnya keraguan pasar. Dengan posisi di dekat garis support, kondisi ini perlu diwaspadai trader.

Untungnya pada 10 Juli pelambatan itu dibatalkan oleh munculnya candle bullish kuat. Hal ini bisa membuat trader dan investor percaya diri dengan posisi beli mereka. Namun sayang, hal itu tidak bertahan lama. Candle pada 3-4 hari selanjutnya merupakan doji yang berarti pasar kembali mengalami keraguan arah. Lalu pada 7 Agustus pasar menghasilkan candle bearish yang kuat, seolah membatalkan candle bullish yang telah terbentuk sebelumnya. Inilah realitas pasar finansial. Situasi selalu dinamis dan bisa berubah kapan saja. Dengan kondisi seperti ini, bahwa pasar sudah berada dalam trend bullish dalam jangka waktu yang cukup lama, pembalikan arah pasar menjadi bearish cukup masuk akal untuk terjadi.

trading, trader, technical analysis, fundamental analysis, analisa finansial, financial analysis, analisa teknikal, analisa fundamental, IHSG, JKSE, Indonesia, analisa pasar, analisa keuangan, ekonomi, makoekonomi, pasar saham, pasar modal, bursa efek, uptrend, downtrend, trend, candlestick, break out, gap up, support, resistance, sideways, konsolidasi, range, ranging market, reversal, amerika serikat, S&P, SPX, indeks, index, weekly, monthly, daily, uptrend, bullish, rally, indeks dolar, index dollar, USD, DXY, JKSE, reversal, doji, spinning top, gap up, gap down, rising window, falling windowGrafik Harian Indeks S&P 500



Tinggalkan Balasan